image person
Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Wakil Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin
Profil

Kunjungan Kementerian Perdagangan RI ke Pasar Rakyat di Kota Banjarmasin

Banjarmasin | Kamis, 25 April 2024. 






Kegiatan Pemantauan lapangan dari Tim Pemetaan Pasar Rakyat ber-SNI dari Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu (DSPM) Kemendag RI pada tanggal 24 & 25 April di 4 (empat) Pasar Rakyat Milik Pemerintah Kota Banjarmasin yaitu :
  • Pasar Pandu;
  • Pasar Kuripan;
  • Pasar Pekauman; dan
  • Pasar Teluk Dalam







Adapun Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut, pada hari Rabu & Kamis, tanggal 24 & 25 April 2024 Pukul : 09.00 Wita s.d 14.00 Wita.

Adapun dalam kegiatan ini, berhadir :
- Tim Pemetaan DSPM Kemendag RI berjumlah 2 (dua) orang, yaitu Ibu Nyimas Asraf (Penjamin Mutu Produk Ahli Muda) dan Ibu Astari Diah Ayuwangi (Fasilitator Perdagangan)
- Kepala UPTD Pasar Sektor II 
- Kasubbag TU UPTD Pasar Sektor II
- Staf UPTD Pasar Sektor II
- Pengawas Kebersihan Pasar

Pemantauan Lapangan ini berdasarkan hasil konsultasi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin ke Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu (DSPM) Kemendag RI pada tanggal 18-20 April 2024 terkait usulan Pasar Rakyat ber-SNI, maka DSPM Kemendag RI melakukan kunjungan ke Kota Banjarmasin untuk melaksanakan pemetaan pasar rakyat pada tanggal 24 & 25 April di 4 (empat) Pasar Rakyat Milik Pemerintah Kota Banjarmasin yaitu Pasar Pandu, Pasar Kuripan, Pasar Pekauman, dan Pasar Teluk Dalam.

Setelah melakukan pemantauan lapangan oleh tim DSPM Kemendag RI didapatkan perhitungan skor/rating dari GAP analisis yang paling siap ialah Pasar Pandu yang akan menjadi calon kuat untuk mendapat Sertifikat SNI Pasar Rakyat. Dalam Pemenuhan Fasilitas pendukung  Pasar Rakyat ber SNI maka Tim Pemetaan DSPM Kemendag RI meminta komitmen penuh dan anggarannya dari Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin.

Mendasari dari hasil pemetaan pasar rakyat ini, nanti akan di lakukan 2 (dua) tahapan pendampingan lagi oleh Tim pendampingan DSPM Kemendag RI, yaitu  :
1. Sosialisasi SNI ke pedagang dan mengundang sekitar 30 org pedagang (Narasumber dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, DLH Kota Banjarmasin, BPOM & Bank Daerah);
2. Pengecekan lebih detail untuk fasilitas penunjang dan pendampingan untuk pembuatan SOP Pengelolaan Pasar.

Setelah selesai pendampingan maka akan dilakukan tahapan sertifikasi yaitu dari Tim Auditor/Asesor yang terdiri dari 3 (tiga) org : 1 orang lead auditor dan 2 orang auditor. Yang mana hasil dari audit tersebut akan menentukan Pasar Pandu layak atau tidak mendapatkan Sertifikat SNI 8152:2021 Pasar Rakyat. (KYD, PSR)







Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Atas - Informasi Tambahan

Bawah - Informasi Tambahan