image person
Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Wakil Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin
Profil

Pelatihan 'Bagaimana Memulai Ekspor?' Tahun 2024

Banjarmasin | Selasa, 14 Mei 2024. 




Dinas Perdagangan dan Perindutrian Kota Banjarmasin melaksanakan Kegiatan Pelatihan 'Bagaimana Memulai Ekspor' yang merupakan Kerjasama antara Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP Kementerian Perdagangan RI) yang dilaksanakan di Ruangan Kapuas, Hotel Aria Barito Banjarmasin.



Kegiatan Pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor  dibuka oleh Plt. Asisten II  Perekonomian dan Pembangunan  Bapak Muhammad Taufik Rifani, SH, M.Si yang didampingi oleh Bapak Wasiyanto Ketua Tim Pelatihan PPEJP Kementerian Perdagangan RI.

Jumlah Peserta Pelatihan sebanyak 30 orang yang merupakan binaan dari Dekranasda Kota Banjarmasin, dengan rincian sebagai berikut :

  1. 4 (empat) Peserta dengan Produk Fashion & Kriya Ecoprint dan Sasirangan;
  2. Dinas Perdagangan dan Perindutrian Kota Banjarmasin, yaitu 14 Peserta dengan Produk Sasirangan, Ecoprint, Fashion, Anyaman Enceng Gondok, Madu Lebah, Aneka Kopi Biji dan Kopi Bubuk, Deodoran Spray Alami dan Tas Sasirangan;
  3. Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata Kota Banjarmasin, yaitu 4 Peserta dengan Produk Pengrajin Alat Musik Biola, Sasirangan, Kriya dan Fashion;
  4. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, yaitu 2 Peserta dengan Produk Krupuk Haruan dan Kerupuk Udang;
  5. Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin yaitu 2 Peserta dengan produk kraf, fashion dan kreasi purun sasirangan; 
  6. Dinas Sosial Kota Banjarmasin, yaitu 2 Peserta dengan produk kain sasirangan; dan
  7. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin, yaitu 2 Peserta dengan Produk souvernir modifikasi sasirangan.

Kegiatan Pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor ini di laksanakan dari tanggal 14 S/d 16 Mei 2024 di Hotel Aria Barito Banjarmasin. Maksud dan Tujuan Melaksanakan Pelatihan ini adalah untuk menambah wawasan para peserta terkait Bagaimana Memulai Ekspor serta terkait persiapan dalam kegiatan ekspor.

Kegiatan Pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor ini yang bekerjasama antara Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) sudah melakukan 3 (tiga) angkatan yang terdiri dari Angkatan I tahun 2022 dilaksanakan di PPEJP tanggal 25 Agustus 2022 di Jakarta dengan jumlah peserta 15 orang,  Angkatan ke - 2 di laksanakan di Hotel Rodhita Banjarmasin tanggal 23 s/d 25 Mei 2023 dengan jumlah 30 peserta dan Angkatan ke 3  dilaksanakan di Hotel Aria Barito tanggal 14 S/d 16 Mei 2024 dengan jumlah 30 peserta.






Pelatihan ini penting dilaksanakan karena untuk memotivasi dan memfasilitasi para pelaku usaha untuk mengembangkan produknya dengan penjualan bukan hanya di penjualan di tingkat lokal, nasional tapi di harapkan juga antar negara melalui ekspor. Narasumber dan materi pelatihan bagaimana memulai ekspor adalah tanggal 

  1. 14 Mei 2024 Dengan materi mengenal bisnis ekspor, identifikasi internal, indentifikasi potensi ekspor dan latihan analisis SWOT dengan narasumber Ibu Siti Sundari Pulungan dari PPEJP.
  2. 15 Mei 2024 Dengan materi pengembangan/adaptasi produk ekspor, biaya dan harga untuk ekspor, pelatihan kalkulasi harga ekspor dengan narasumber Bapak Maulana Rausyan Fikri dari PPEJP.
  3. 16 Mei 2024 Dengan materi mencari pembeli, pengalaman ekspor dengan narasumber Bapak Mochamad Pujiono.

(KYD, AHM)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Atas - Informasi Tambahan

Bawah - Informasi Tambahan