image person
Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Wakil Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin
Profil

Talkshow 'Menyala bersama IWAPI'

Banjarmasin | Rabu, 22 Mei 2024. 



Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Bapak Ichrom Muftezar, SSTP, M.Si berhadir pada Acara Talkshow 'Menyala Bersama IWAPI' DPC IWAPI Banjarmasin dan Yayasan Hasnur Center yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Kota Banjarmasin pada Rabu, 22 Mei 2024 pukul 09.00 WITA s.d selesai di WETLAND SQUARE Jl. Ahmad Yani Kebun Bunga Banjarmasin.

Adapun Tema Talkshow “Membentuk Jiwa Enterpreneur yang Handal di Era Industri Digitalisasi”. Acara Talkshow dihadiri oleh antara lain :



- Hj. Aida Muslimah, SE (Ketua DPC IWAPI Kota Banjarmasin);

- Ichrom Muftezar, S.STP., M.Si (Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin);

- Muhammad Zakiyyul Fuad Rasyid, MBA (Managing Director Wetland Box Incubator);

- Hj. Ceria Hermina, M.Psi (Psikologi, Narasumber);

- Herry Pradana, MBA (Researcher, Narasumber); 

- Anggota IWAPI Kota Banjarmasin;

- Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan staf;

- Mahasiswa; dan

- Undangan lainnya

Dalam sambutannya, Ibu Hj. Aida Muslimah, SE (Ketua DPC IWAPI Kota Banjarmasin) menyampaikan bahwa sekitar 64% pelaku usaha UMKM yang berkontribusi di Indonesia dikelola oleh wanita, dan proses untuk menjadi pengusaha sukses tidak instant dibutuhkan ketekunan dan usaha yang gigih. Bapak Ichrom Muftezar, S.STP., M.Si (Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin), sekaligus membuka acara Talkshow, juga menyampaikan beberapa hal, antara lain :

  • Bahwa salah satu program prioritas Wali Kota Banjarmasin pada periode I adalah menciptakan 2.500 WUB, dan saat ini sudah terdapat 3.400 WUB;
  • Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin telah bekerja sama dengan Wetland Box Inkubator dalam melaksanakan sosialisasi dan pelatihan bagi IKM Kota Banjarmasin;
  • Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin menggandeng BNI dalam program pemberian KUR bagi IKM terutama Wanita;
  • Pemerintah Kota Banjarmasin juga mempunyai program bantuan “BAHUMA” (Bantuan Bausaha Tanpa Bunga) yang dikelola oleh Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja;
  • Dalam menghadapi era digitalisasi saat ini, pelaku usaha IKM harus menggunakan platform digital yang ada seperti fasilitas pembayaran dengan QRIS, Instagram, atau marketplace lainnya untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tidak terbatas pada ruang dan waktu.
  • Kedepannya diharapkan akan terjalin kolaborasi antara Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dengan IWAPI Kota Banjarmasin untuk perkembangan IKM Kota Banjarmasin.  

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Narasumber yaitu Bp. Herry Pradana, MBA (Risiko, Peluang, dan Tantangan Usaha di Era Digital) dan Ibu Hj. Ceria Hermina, M.Psi. (KYD, PERIND)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Atas - Informasi Tambahan

Bawah - Informasi Tambahan