image person
Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Wakil Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin
Profil

Perbaikan Jaringan Listrik di Pasar Baru, Pasar Cempaka dan sekitarnya

Banjarmasin | Selasa, 23 April 2024. 



Akibat cuaca buruk yang melanda Kota Banjarmasin pada hari Sabtu, 30 Maret 2024 menyebabkan terjadinya gangguan pasokan listrik di kawasan Pasar Baru dan Pasar Cempaka (listrik mati total) akibat Sambaran petir. Setelah dilakukan pengecekan lapangan oleh PLN ULP Lambung Mangkurat, terjadi kerusakan pada kabel tanah (kabel listrik pendam) yg melintas di Pasar Baru sehingga menyebabkan terputusnya aliran listrik.


Untuk mengantisipasi kerusakan jaringan dimaksud, maka PLN ULP Lambung Mangkurat melakukan penggelaran kabel listrik di Pasar Baru dari tiang listrik terdekat menuju trafo di lokasi Pasar Baru Lantai Dasar (sebagai langkah preventif untuk tetap dapat menyuplai listrik di Kawasan Pasar Baru dan Pasar Cempaka, selanjutnya  Pada hari Jum'at, 5 April 2024 telah dilakukan cek lapangan oleh PLN ULP Lambung Mangkurat bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin untuk menentukan lokasi pemasangan trafo baru di sekitaran Kawasan Pasar Baru dan Pasar Cempaka (karena untuk perbaikan kabel tanah tidak memungkinkan dikarenakan berada di bawah bangunan Pasar Baru).



Setelah melakukan cek lapangan, ditentukanlah 2 (dua) titik pemasangan trafo baru dengan masing-masing daya 160 KVA dan 200 KVA yang berlokasi di depan Pasar Harum Manis dan di samping Pasar Baru, dikarenakan libur lebaran, cek lapangan kedua baru bisa di laksanakan pada hari Selasa, 22 April 2024 antara PLN ULP Lambung Mangkurat beserta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin yang didampingi oleh Satpol PP dan UPT Parkir Dinas Perhubungan, karena lokasi pemasangan trafo berada di lokasi parkir. PLN ULP Lambung Mangkurat segera menunjuk pelaksana kegiatan pemasangan trafo baru setelah mendapat ijin dari Pemerintah Kota Banjarmasin.



Mengingat pentingnya suplai jaringan listrik penunjang kegiatan usaha dan aktivitas pedagang Pasar Baru Permai dan sekitarnya Pemerintah Kota Banjarmasin, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota banjarmasin segera memberikan rekomendasi pemasangan fasilitas tiang dan trafo baru dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang beraktivitas di pasar. (KYD, SYF)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Atas - Informasi Tambahan

Bawah - Informasi Tambahan