image person
Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Wakil Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin
Profil

Pembukaan Pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) Pembuatan Kain Sasirangan dengan Pewarna Alam Tahun 2021 oleh Pj. Walikota Banjarmasin

 

 

 

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin menyelenggarakan Pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) Pembuatan Kain Sasirangan dengan Pewarna Alam selama 4 (empat) hari mulai tanggal 7 Juni s/d 10 Juni 2021. Acara pembukaan kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada hari Senin tanggal 7 Juni 2021 bertempat di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin. 

 

Acara pembukaan pelatihan WUB ini selain dihadiri peserta pelatihan juga dihadiri beberapa tamu undangan, antara lain pejabat kecamatan dan kelurahan dari 6 (enam) kelurahan peserta pelatihan. Selain itu berkenan hadir Pj. Walikota Banjarmasin, Bapak Akhmad Fydayeen yang membuka secara resmi kegiatan pelatihan WUB ini. 


Pj. Walikota Banjarmasin dalam sambutannya sangat mendukung adanya pelatihan pembuatan kain sasirangan dengan pewarna alam ini karena dengan bertambahnya wira usaha baru di bidang pengolahan sasirangan maka akan mengangkat perekonomian warga Banjarmasin di tengah masa pandemik covid-19. Selain itu dengan adanya pelatihan ini akan menambah wawasan para pengrajinan kain sasirangan yang menggunakan berbagai corak sehingga menjadi daya tarik bagi peminat kain sasirangan. 


Peserta pelatihan WUB pembuatan kain sasirangan dengan pewarna alam tahun 2021 ini terdiri dari 30 (tiga puluh) orang peserta. Mengantisipasi penyebaran covid-19, Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin Bapak Ichrom, Muftezar, SSTP, M.SI dalam laporannya pada acara pembukaan pelatihan ini menyampaikan ke-30 orang peserta ini dibagi menjadi 3 kelompok  yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang dan dilatih masing-masing 1 orang instruktur. Dan lokas pelatihan dilaksanakan di 2 (dua)  tempat yang bebeda, yaitu 1 kelompok di workshop Kantan Sasirangan dan 2 (dua) kelompok lain menempati  2 (dua) ruangan yang berbeda di Rumah Sasirangan Kreatif (RSK).

 

Sampai dengan tahun 2020, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin telah melatih sebanyak 564 (lima ratus enam puluh empat) WUB, dan pelatihan WUB kali ini adalah yang pertama kali di tahun 2021 dengan total target peserta pelatihan sebanyak 90 (sembilan puluh) WUB. Sedangkan pencapaian dari keselurahan WUB yang diselenggarakan 7 SKPD Kota Banjarmasin pengampu program WUB telah mencetak lebih dari 2800 WUB dari 2500 WUB yang ditargetkan selama masa kepepimpinan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mulai tahun 2016 s/d  2021.

 

 


 

Undangan acara pembukaan pelatihan wira usaha baru pembuatan kain sasirangan 
dengan pewarna alam
 
 

 
Sambutan Pj. Walikota Banjarmasin 
sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan

  

 Laporan panitia pelaksana kegiatan yang disampaikan 
Plt. Dinas Perdagin Kota Banjarmasin
 
 

 

Penyerahan  secara simbolis bahan pelatihan dari Pj. Walikota Banjarmasin 
kepada perwakilan peserta pelatihan
 
 

 

Foto bersama perwakilan peserta dengan Pj. Walikota Banajrmasin, 
Plt. Kadis Perdagin Kota Banjarmasin dan Kabid Perdagin Kota Banjarmasin 
 

 

 Foto bersama peserta pelatihan dengan panitia kegiatan

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Atas - Informasi Tambahan

Bawah - Informasi Tambahan