Senin, 28 Juni 2021

Monitoring Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pangan Kota Banjarmasin

         Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin pada hari Senin tanggal 28 Juni 2021 melakukan monitoring ke Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pangan. Monitoring dipimpin oleh Kepala Bidang Perindustrian, Muhammad Shaifullah T, S.Sos dengan didampingi dengan 2 (dua) orang Kepala Seksi yakni Kepala Seksi Industri Hasil Pertanian, Kimia, Tekstil dan Aneka, Ramadhania Meiliantinoor, ST dan Kepala Seksi Standarisasi dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Bunga Wantisalianan, ST serta 1 (satu) staf pada Bidang Perindustrian.

         Monitoring pertama dilakukan di tempat produksi LUNA BAKERY yang berlokasi di Jl. Tanjung II Perumnas No. 21 Banjarmasin. Kedatangan tim monitoring disambut oleh pemilik LUNA BAKERY, Bapak Iwan dan Manajer, Bapak Sukma. LUNA BAKERY baru beroperasi sekitar 4 (empat) bulan terakhir namun mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat baik yang didalam maupun luar Kota Banjarmasin, terbukti dengan memilki ± 20 (dua puluh) outlet di sekitaran Kota Banjarmasin. Walau masih dalam keadaan pandemi, namun LUNA BAKERY dapat menyerap banyak tenaga kerja dan tenaga kerjanya kebanyakan diambil dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Banjarmasin. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin berharap agar LUNA BAKERY melengkapi izin usaha yang masih kurang seperti Nomor Indusk Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal sehingga legalitas usaha dapat dimilki dan usaha yang dijalankan dapat lebih berkembang serta pemasaran menjadi lebih luas terlebih memilki kemasan yang sudah menarik.

         






Selanjutnya tim monitoring mengunjungi UD. Raja Banjar yang memproduksi SAMBAL ACAN RAJA BANJAR yang berlokasi di Jl. Cempaka Raya Komplek Cempaka Sari IV Jalur 2 A No. 11 Banjarmasin. Kunjungan tim minitoring diterima langsung oleh Pemilik yakni Bapak Aulia Abdi beserta istri. Dalam keadaan pandemi, SAMBAL ACAN RAJA BANJAR masih dapat bertahan dengan karyawan sebanyak ± 20 (dua puluh) orang. Varian SAMBAL ACAN RAJA BANJAR yang saat ini diproduksi yaitu Sambal Mangga dan Sambal Limau. Pemasarannya sendiri tidak hanya dalam kota namun sudah sampai ke luar provinsi karena sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. SAMBAL ACAN RAJA BANJAR tersedia di beberapa toko oleh-oleh dan ritel toko modern. Diharapkan UD. Raja Banjar dapat melengkapi legalitas yang belum dimilki yakni Nomor Indusk Berusaha (NIB), dengan lengkapnya nanti legalitas yang dimilki, SAMBAL ACAN RAJA BANJAR dapat dipasarkan sampai ke luar negeri.

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search