image person
Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Wakil Wali Kota Banjarmasin
Profil
image person
Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin
Profil

Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah

Banjarmasin | Kamis, 30 Mei 2024. 




Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin menerima Kunjungan Kerja dari Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka mempelajari dan berdiskusi mengenai Tata Kelola Distribusi Perdagangan, Pengembangan Pasar dan Penanganan Kemetrologian. Adapun Tim Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah yang berhadir : 

  1. H. Achmad Rasyid (Ketua Komisi II)
  2. Ir. Lohing Simon (Anggota Komisi II)
  3. Ina Prayawati, SE (Anggota Komisi II) 
  4. Natalia, ST (Anggota Komisi II) 
  5. Hj. Mariyani Sabran (Anggota Komisi II) 
  6. Elsie, SE, M.Si (Staf Setwan) 
  7. Erwanto (Staf Setwan) 
  8. Riyanto, S.Sos (Staf Setwan) 

Yang menerima kunjungan kerja :

  1. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Bapak Ichrom Muftezar, SSTP, M.Si
  2. Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Bapak Ir. H. Noorsyahdi, M.Kes
  3. Kepala Bidang Kemetrologian, Ibu Hj. Kusmarini, SE, ME
  4. Kepala Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar, Bapak H. Muhammad Ridho Satriya, ST

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang :

  • Untuk Tata Kelola Distribusi Perdagangan, terkait kelangkaan LPG 3kg pada bulan Mei 2024 di Agen dan Pangkalan di Kota Banjarmasin setelah dilakukan investigasi dan pengawasan ke lapangan ternyata hal tersebut disebabkan karena adanya libur dan cuti bersama dimana pada saat libur dan cuti bersama tersebut pihak PT. Pertamina tidak melakukan  pengiriman LPG 3kg ke agen-agen dan pangkalan-pangkalan.
  • Untuk Pengembangan Pasar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin melalui Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar, yaitu dengan meningkatkan Sarana dan Prasarana Pasar, sehingga pasar rakyat menjadi representatif. Diharapkan hal tersebut dapat mendorong masyarakat gemar/suka berbelanja ke pasar rakyat dan selalu menjaga kebersihan dan ketertiban pasar walaupun di hari libur atau hari besar keagamaan. Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjarmasin maka Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar melakukan inovasi dengan bekerjasama dengan pihak Bank dalam Digitalisasi Pasar. seperti penyetoran retribusi pelayanan pasar dengan metode QRIS (Transaksi Non Tunai). Selain itu,  Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin melalui Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar, juga selalu melakukan penagihan secara rutin baik itu retribusi harian ataupun retribusi bulanan.
  • Untuk Kemetrologian, walaupun retribusi tera/tera ulang sudah tidak adalagi karena terkait UU No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintahan Pusat dan Daerah, Bidang Kemetrologian tetap melakukan pelayanan tera/tera ulang terhadap Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) secara optimal dan melakukan inovasi pelayanan tera/tera ulang di tempat pakai dan di depan toko (Lantera Patok) serta Aplikasi Sistem Pelayanan Tera/Tera Ulang Secara Elektronik (SiTera).







Setelah selesai berdiskusi, Bapak Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin mengajak rombongan tamu kunjungan kerja untuk melihat produk-produk dari IKM Binaan Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin. Alhamdulillah Bapak Ketua Komisi II beserta rombongan tertarik untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Adapun produk yang terjual antara lain :

  1. Kerupuk Haruan 15 pcs 
  2. Abon Haruan 2 pcs 
  3. Quwin Amang Syrup 3 pcs
  4.  Amplang 12 pcs
  5.  Kecap Kepejerut 4 pcs

(KYD, RN)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Atas - Informasi Tambahan

Bawah - Informasi Tambahan