Rabu, 14 Juli 2021

Disperdagin Kota Banjarmasin Pantau Harga Kebutuhan Bahan Pokok Menjelang Idul Adha di Sejumlah Pasar Tradisional


Memantau Harga Daging Ayam Ras

                Menjelang hari besar, Hari Raya Idul Adha 1442 H biasanya sejumlah Bahan Pokok masyarakat mengalami kenaikan harga. Untuk itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin melaksanakan Pemantauan Harga Bahan Pokok di Pasar Antasari, Pasar Lama, dan Pasar Kalindo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkat harga menjelang Hari Raya Idul Adha serta memberikan informasi kepada masyarakat.

        Berdasarkan pemantauan pada hari Kamis tanggal 15 Juli 2021 rata-rata harga dinilai masih stabil, walaupun masih ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Ada 5 komoditas yang mengalami kenaikan harga, yaitu Telur Ayam Kampung, Tomat, Ikan Segar Peda, Ikan Asin Telang dan Ikan Asin Sepat.

        Telur Ayam Kampung bulan lalu berada diharga Rp.2.200/butir atau Rp.44.000/Kg naik secara signifikan hingga sekarang berada diharga Rp 3.200/butir atau Rp.64.000/Kg,  Tomat juga mengalami kenaikan yang signifikan pada bulan lalu harga Tomat sebesar Rp.10.000/Kg dan sekarang menjadi Rp.16.000/Kg. Ikan Segar Peda juga mengalami kenaikan sebesar Rp.5.000/Kg dan sekarang menjadi Rp.50.000/Kg. Sedangkan Ikan Asin baru saja mengalami kenaikan sebesar Rp.5.000/Kgnya yang mana Ikan Asin Telang menjadi Rp.75.000/Kg dan Ikan Asin Sepat menjadi Rp.35.000/Kg. Kenaikan harga beberapa Komoditas tersebut disebabkan berkurangnya pasokan yang ada.

Memantau Harga Gading Sapi
Memantau Harga Beras

            Walapun beberapa Komoditas mengalami kenaikan, komoditas yang lain juga berangsur turun dan stabil, seperti daging Ayam Ras dan Gula Pasir. Daging Ayam Ras pada bulan lalu berada pada harga Rp.42.000/Kg terus mengalami penurunan harga dan sekarang menjadi Rp.35.000/Kg. Gula Pasir juga mengalami penurunan harga yang sebelumnya Rp.12.500/Kg turun menjadi Rp.12.000/Kg.

        Untuk komoditas yang lain, walaupun ada perubahan harga atau perbedaan harga antar pasar masih dinilai stabil dan kebutuhan yang tersedia masih bisa mencukupi terutama menjelang Hari Raya Idul Adha. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin akan terus melaksanakan pemantau secara rutin untuk menjaga kestabilitasan harga dan memberikan informasi kepada masyarakat.

Memantau Harga Ikan

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search